5 Langkah Memberikan Efek Hujan Pada Gambar Menggunakan Photoshop

Untuk membuat sebuah gambar atau foto menjadi lebih menarik adalah dengan menambahkan efek hujan kedalam foto tersebut. Biasanya pemberian efek hujan ini akan memberikan kesan yang romantis. Selain itu juga menambahkan efek hujan pada sebuah foto akan memberikan kesan yang dramatis. Terkadang kita ingin mengabadikan sebuah momen pada saat hujan datang, tetapi itu sangatlah tidak mungkin untuk memotret dalam keadaan hujan karena akan ada resiko yang bisa ditimbulkan misalnya saja kamera menjadi basah. Oleh karena itulah diperlukannya pemberian efek hujan dengan menggunakan Photoshop sehingga akan dihasilkannya gambar lucu terbaru. Hal pertama yang harus dilakukan adalah buatlah foto pada saat hujan telah reda sehingga nantinya akan tetap tampak suasana sekitar sedang hujan. Setelah itu baru hasil fotonya diedit dengan menggunakan photoshop untuk memberikan efek hujan.

Bukanlah perkara mudah untuk memberikan efek hujan pada sebuah foto dengan menggunakan Photoshop. Bisa dikatakan untuk melakukan hal ini dibutuhkannya keahlian editing Photoshop pada level intermediate. Tetapi meski begitu para pemula bisa tetap mencoba untuk mengaplikasnnya, kan siapa tahu para pemula tersebut akan mengetahui tenik teknik baru untuk mengedit foto dengan menggunakan photoshop setelah mempelajari tutorial photoshop dibawah ini.

Berikut 5 langkah memberikan efek hujan pada gambar menggunakan Photoshop diantaranya yaitu :

  1. Langkah Pertama

Pertama tama buka file gambar yang akan diberikan efek hujan, dengan memilih menu fileopen atau bisa juga dengan menekan tombol CTRL + O pada keyboard. Setelah foto yang dipilih masuk kedalam kedalam photoshop, lakukan duplikasi dengan cara menekan CTRL + J. Kemudian pilihlah menu ImageCanvas Size untuk menambahkan ukuran canvas. Selanjutnya ukuran canvasnya diatur disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

  1. Langkah Kedua

Untuk memberikan efek hujan buatlah sebuah layer baru khusus. Caranya adalah dengan mengklik menu LayerNew Layer lalu berikan nama Hujan untuk Mode pilih screen dan janganlah lupa kolom Fill With Screen Neutral Color Black dicentang lalu tekan tombol OK.

  1. Langkah Ketiga

Klik pada layer hujan, lalu menuju ke menu FilterNoiseAdd Noise. Selanjutnya pilih mode Gaussian dan kolom Monochromatic yang berada disebelah kiri bawah jendela Noise dicentang. Kemudian amount diatur berdasarkan kebutuhan atau silahkan untuk bereksperimen.

  1. Langkah Keempat

Dilangkah keempat ini tambahkan efek blur dengan menuju menu FilterBlurMotion Blur. Untuk mendapatkan arah jatuhnya hujan maka aturlah angle nya. Untuk mendapatkan ukuran rintik hujan, kamu bisa mengaturnya pada kolom Distance.

  1. Langkah Kelima

Langkah kelima adalah finishing, dengan memilih menu ImageAdjusmentLevels. Untuk memperhalus efek hujan dan mengurangi jumlah rintikan hujannya yang ada didalam sebuah foto geser slidenya. Cobalah bereksperimen hingga ditemukannya efek hujan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Maka nanti hasil fotonya akan terlihat seperti diambil pada saat hujan turun.

Itulah 5 langkah memberikan efek hujan pada gambar menggunakan Photoshop. Jika kamu baru pertama kali mencobanya maka kemungkinannya kamu akan mendapatkan kesulitan. Tetapi jika kamu telah mengikuti setiap langkah yang telah dijelaskan diatas dengan baik, maka dijamin kamu akan berhasil didalam memberikan efek hujan buatan kedalam foto yang telah kamu pilih. Memang jika berbicara tentang Photoshop tidak akan ada habisnya, karena aplikasi tersebut memiki kemampuan editor yang sangat luar biasa. Aplikasi ini dapat menyulap sebuah objek foto atau gambar sehingga akan dihasilkannya sebuah foto yang amazing.